Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga Yang Baik

ibu rumah tangga

ibu rumah tangga

Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga Yang Baik – Ibu rumah tangga merupakan pekerjaan yang sangat mulia, tidak peduli latar belakang pendidikan seorang ibu. Entah hanya berlatar belakang SMA, sarjana, hingga paska sarjana. Ibu adalah gerbang pertama pendidikan moral seorang anak. Berikut ini beberapa  tips menkjadi ibu rumah tangga yang baik yang mungkin bisa bermanfaat untuk ibu pembaca semuanya.

Pertama, Lakukan Tugas dengan Baik

Seorang ibu rumah tangga tentu harus bisa memasak makanan yang sehat bagi seluruh anggota keluarganya. Pada awalnya memang

hasil masakan tidak seenak makanan chef ternama, tetapi ingatlah tujuan agar keluarga sehat perlu asupan makanan yang baik pula. Selain itu perlu juga membersihkan rumah setiap hari, senantiasa mencuci pakaian kotor. Susunlah jadwal seluruh anggota keluarga dan tak kalah penting, bangunlah lebih pagi.

Kedua, Jalin Hubungan

Seorang ibu rumah tangga tentu akan banyak berhubungan denan kepala rumah tangga. Selalu jalin komunikasi dua arah terkait hal apapun. Terutama perencanaan keluarga di masa depan, pendidikan anak, tabungan dan investasi. Jaga penampilan agar suami senantiasa kangen dengan rumah. Serta, ketika suami hendak berkeluh kesah, dengarkanlah dengan seksama. Hindari memperkeruh suasana dengan emosi yang berlebihan.

Ketiga, Berbuat Lebih

Seorang ibu rumah tangga yang baik akan memperhatikan seluruh anggota keluarganya. Kepada suami, dia akan bersikap dewasa dan mampu menjaga diri dan rumah ketika suami bekerja. Seorang ibu rumah tangga juga akan lebih memperhatikan pendidikan di rumah terhadap anak-anaknya. Tidak terlalu mengekang, dan lebih mengarahkan kepada minat dan bakat anak-anaknya.

Keempat, Tetap Semangat

Pekerjaan ibu rumah tangga umumnya monoton dan tak jarang membuat bosan. Maka ibu rumah tangga perlu mempertahankan agar senantiasa bersemangat. Jangan sampai terlihat letih, ketika memasak sarapan bagi keluarga.

Kelima, Senantiasa Belajar

Perkembangan dunia yang berjalan dengan cepat, kreatifnya inovasi dalam berbagai aspek merupakan tantangan tersendiri bagi seorang ibu. Ibu rumah tangga yang cerdas tentu akan meluangkan waktunya untuk belajar, agar tidak ketinggalan termakan arus zaman. Sehingga ibu rumah tangga mampu menjadi teman curhat suami, mampu menjadi pendidik moral di rumah, serta menjadi seorang sahabat bagi semua anak-anaknya.

Cara jadi ibu rumah tangga yang baik

Wanita mana yang tidak menginginkan keluarga yang baik. Untuk menjadi seorang istri dan ibu rumah tangga yang baik tentu membutuhkan bekal tersendiri yang tidak didapatkan di bangku perguruan tinggi.

Berikut ini beberapa cara menjadi istri dan ibu rumah tangga yang baik demi keluarga yang harmonis. Persiapan yang dilakukan boleh jadi dilakukan semenjak awal, terutama ketika masih berada di bangku kuliah.

Pertama, Melatih Kesabaran

Perjalanan seorang ibu rumah tangga senantiasa terombang ambing dengan beberapa hal yang dapat memicu emosi. Maka, untuk itu perlu melatih kesabaran dan jangan terlalu sering meluapkan emosi didepan orang lain.

Kedua, Belajar Memasak

Umumnya wanita kekinian jarang sekali yang bisa memasak. Kebanyakan hanya bisa membikin air panas dan mie instan saja. Padahal, ketika berumah tangga, memasak masakan sendiri jauh lebih hemat dan terjaga daripada harus jajan diluar.

Baca juga:tips membuat bawang goreng yang renyah

Ketiga, Memberanikan Diri untuk Tidak Takut Kotor

Terkadang seorang wanita merasa jijik dengan hal yang kotor. Padahal ketika kelak akan mempunyai bayi, tentu seorang ibu dituntut mampu membersihkan bayi tersebut ketika buang air besar.

Keempat, Belajar Mengelola Finansial

Istri yang baik adalah istri yang pandai mengelola uang agar tidak cepat hilang berganti struk belanjaan. Kebutuhan rumah tangga bukan hanya kebutuhan saat itu, atau bulan itu saja. Tetapi ada kebutuhan kebutuhan yang boleh jadi tidak terduga.

Kelima, Menahan Diri dari Ego Sendiri

Tak jarang pula seorang mamah muda yang baru punya anak belum bisa menguasai egonya sendiri. Padahal ketika sudah berumah tangga, seringkali ibu rumah tangga membeli kebutuhan suami atau anak-anaknya.

Keenam, Belajar Multitasking

Ibu rumah tangga merupakan pekerjaan yang menuntut multitasking yang berpindah pindah. Tidak jarang pula ketika tengah memasak didapur, juga menyambi memasukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci. Bahkan, harus sigap ketika si kecil tiba tiba merengek menangis.

Ketujuh, Belajar Ikhlas

Ibu rumah tangga tidak jarang merasa lelah hatinya, maka seorang ibu perlu senantiasa belajar ikhlas. Agar tidak sering membentak anak-anaknya. Selain itu, harus ikhlas mendahulukan kebutuhan keluarga dibandingkan dengan kebutuhan pribadinya.

 

Bagikan Artikel Ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *