Penyebab Alergi Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

 

jiwasehat.org

Tahukah Anda bahwa perubahan hormon yang dialami ibu hamil bisa berpotensi menyebabkan alergi? Alergi saat hamil tidak hanya disebabkan oleh perubahan hormon tersebut, tetapi juga oleh situasi lingkungan. Perubahan hormon yang sangat signifikan terjadi di awal kehamilan, sehingga ibu hamil rentan alergi pada trimester pertama.

Perubahan hormon umumnya mengarahkan pada perubahan fisik dan emosi, sehingga sensitivitas meningkat. Keadaan lingkungan yang tidak mendukung, misalnya terlalu dingin atau panas, maka bisa mendukung timbulnya reaksi alergi, seperti mual, muntah, demam, bahkan bisa diare. Situasi seperti ini harus segera diatasi dengan beberapa cara berikut.

  1. Minum Minuman Hangat di Pagi Hari

Saat pagi hari, reaksi alergi seperti mual, pusing, atau sakit perut bisa terjadi. Untuk itu, mengonsumsi minuman hangat di pagi hari bisa menghangatkan tubuh dan meredakan rasa sakit. Anda dapat mengonsumsi susu atau teh hangat. Air putih hangat juga disarankan.

  1. Konsumsi Makanan Favorit

Makanan favorit selalu menjadi pilihan terbaik bagi setiap orang untuk meningkatkan nafsu makannya. Saat berada di masa kehamilan dan mengalami alergi sampai kehilangan nafsu makan, sebaiknya Anda mulai mengonsumsi makanan favorit. Hal ini perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

  1. Konsumsi Makanan Ringan dan Camilan Bernutrisi

Mual dan muntah yang timbul sebagai reaksi alergi akan menghilangkan nafsu makan. Apabila berlangsung secara terus menerus, maka perut akan kosong dan hal ini berbahaya bagi janin. Anda tetap harus memberikan asupan energi ke calon buah hati, bukan? Makan makanan ringan dan camilan bernutrisi bisa menjadi solusinya.

Ketika nafsu makan Anda menghilang, maka usahakan untuk tetap makan. Konsumsi makanan ringan yang bernutrisi, seperti sereal, bisa menjadi alternatif pilihan. Camilan bernutrisi seperti roti tawar atau biskuit gandum bisa dikonsumsi. Buah-buahan seperti apel, pisang, atau salad buah, bisa juga  Anda konsumsi.

  1. Istirahat Cukup

Selain asupan makanan yang bergizi baik untuk Anda dan calon buah hati, istirahat yang cukup sangat membantu Anda untuk mengatasi alergi. Pola istirahat cukup dan teratur akan memperkuat sistem imun, sehingga akan menurunkan reaksi alergi yang muncul. Pada akhirnya, alergi tersebut akan hilang dan tubuh kembali sehat.

Segera atasi apabila Anda mengalami gejala-gejala alergi, karena sangat berpengaruh pada tumbuh kembang janin. Berbagai cara tersebut dapat mengatasi alergi yang Anda alami saat kehamilan, terutama pada tiga bulan pertama kehamilan. Reaksi alergi saat hamil berbeda-beda di setiap individu. Untuk itu, konsultasikan ke dokter mengenai kondisi kesehatan Anda.

 

sumber referensi:alodokter.com

Bagikan Artikel Ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *